I Nyoman Widhi Adnyana "Jangan pernah hentikan kami untuk berkarya demi Bangsa - www.inymwidhiadnyana.blogspot.com - What do you Think? Here's my thinking"

Minggu, 17 Oktober 2010

Keamanan Jaringan Komputer

Sudah saatnya kita menyadari kebutuhan keamanan komputer, terlebih pengguna pada lingkungan network. Bila kita berfikir bahwa masalah keamanan komputer diserahkan dan atau merupakan tanggungjawab sepenuhnya bagian administrator jaringan, sebaiknya paradigma seperti itu harus kita rubah. Riset yang dilakukan oleh US National Security Agency menyatakan bahwa sebesar 65% penyebab gangguan kemanan komputer berasal dari internal. Kesembronoan penggunaan password dan pengetahuan dasar sekuriti komputer merupakan presentasi terbesar. Hasil riset tersebut menyadarkan para administrator jaringan untuk tidak sepenuhnya terfokus pada serangan dari luar.
Edukasi adalah jalan terbaik
Berikan kesadaran kepada pengguna bahwa mereka adalah bagian dari lingkungan jaringan komputer, artinya mereka harus memahami bahwa keterlibatan mereka sangat penting dalam hal keamanan jaringan komputer dilingkungannya. Berdasarkan riset lainnya, sebesar 90% pengguna memakai komputer sebatas kepada penggunaan aplikasi yang sesuai dengan pekerjaannya, pengetahuan tentang kemanan komputer sangat minim. Jalan terbaik adalah memberikan edukasi kepada mereka dengan memberikan pengenalan tentang pengetahuan keamanan komputer : What, When, Who, Why, and How. 

2 komentar: